RPP 1 Lembar
Pusat Kurikulum dan Pembelajaran menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) inspiratif untuk pendidik. RPP ini hanya satu lembar, dengan komponen utama tujuan pembelajaran, aktivitas, dan penilaian.
Tujuan Pembelajaran menggambarkan
seluruh proses dan hasil pembelajaran yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa
dan di bawah kompetensi esensial. Dalam menyiapkan tujuan pembelajaran dalam
rencana pelajaran yang jelas, harus dirumuskan berdasarkan kompetensi esensial
menggunakan Operational Verbs (KKO) yang dapat diamati dan diukur dengan
mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Langkah-langkah
pembelajaran dalam RPP 1 Lembar dalam kegiatan yang dapat langsung mencapai
Kompetensi Dasar. Namun, kegiatan pembelajaran masih dilakukan secara
interaktif, inspirasional, menyenangkan, menantang, dan dapat memotivasi siswa
atau siswa.
Langkah-langkah kegiatan
pembelajaran masih mengandung komponen keterampilan abad ke-21 termasuk
Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), 4C (Literasi, Berpikir Kritis, Berpikir
Kreatif, Kolaborasi, dan Komunikasi), serta Keterampilan Berpikir Tingkat
Tinggi (HOTS)
Penilaian Pembelajaran
Prosedur penilaian
pembelajaran dibuat sederhana dengan
mempertimbangkan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu pada standar
penilaian. Penilaian pembelajaran juga dapat dilakukan dengan memperhatikan
tiga bentuk evaluasi abad ke-21, seperti penilaian untuk pembelajaran,
penilaian sebagai pembelajaran dan evaluasi pengetahuan.
Komentar
Posting Komentar