RPP 1 Lembar

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) inspiratif untuk pendidik. RPP ini hanya satu lembar, dengan komponen utama tujuan pembelajaran, aktivitas, dan penilaian.

Tujuan Pembelajaran menggambarkan seluruh proses dan hasil pembelajaran yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa dan di bawah kompetensi esensial. Dalam menyiapkan tujuan pembelajaran dalam rencana pelajaran yang jelas, harus dirumuskan berdasarkan kompetensi esensial menggunakan Operational Verbs (KKO) yang dapat diamati dan diukur dengan mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Langkah-langkah Pembelajaran

Langkah-langkah pembelajaran dalam RPP 1 Lembar dalam kegiatan yang dapat langsung mencapai Kompetensi Dasar. Namun, kegiatan pembelajaran masih dilakukan secara interaktif, inspirasional, menyenangkan, menantang, dan dapat memotivasi siswa atau siswa.

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran masih mengandung komponen keterampilan abad ke-21 termasuk Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), 4C (Literasi, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, Kolaborasi, dan Komunikasi), serta Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS)

Penilaian Pembelajaran

Prosedur penilaian pembelajaran  dibuat sederhana dengan mempertimbangkan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu pada standar penilaian. Penilaian pembelajaran juga dapat dilakukan dengan memperhatikan tiga bentuk evaluasi abad ke-21, seperti penilaian untuk pembelajaran, penilaian sebagai pembelajaran dan evaluasi pengetahuan.

Berikut  Panduan lengkap RPP 1 lembar dari diknas :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Model, Metode, Strategi, Pendekatan dan Teknik Pembelajaran