Perbedaan Model, Metode, Strategi, Pendekatan dan Teknik Pembelajaran
Apa perbedaan keempat istilah di atas? Kadang kadang kita masih bingung tentang perbedaan antara model, metode, strategi, pendekatan dan teknik pembelajaran.
Model Pembelajaran
Model pembelajaran adalah
sebuah bentuk pembelajaran yang tergambarkan dari awal sampai akhir
pembelajaran yang dilakukan oleh seorang
guru. Model pembelajaran adalah bingkai atau bungkus dari pengaplikasian suatu
metode, pendekatan dan teknik pembelajaran.
Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran adalah
cara yang digunakan dalam pengimplementasikan rencana yang telah disusun dalam
suatu kegiatan nyata untuk mencapai tujuan pembelajaran. Ada beberapa metode
pembelajaran yang bisa dipergunakan untuk mengimplementasikan strategi
pembelajaran, yaitu metode ceramah, demonstrasi, diskusi, simulasi,
laboratorium, pengalaman lapangan, brainstorming, debat dan lain
sebagainya.
Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran
merupakan cara-cara tertentu yang dipergunakan secara prosedural dan sistematis
dalam suatu aktivitas pembelajaran, dalam rangka meningkatkan kualitas hasil
dan
Sementara itu, menurut
Kemp dalam Wina Senjaya (2008) mengatakan bahwa strategi pembelajaran merupakan
suatu aktivitas pembelajaran yang mesti dikerjakan pendidik dan peserta didik
sehingga tujuan pembelajaran bisa dicapai secara lebih efisien dan efektif.
Menurut J. R David (Wina
Senjaya, 2008) mengatakan bahwa dalam strategi pembelajaran tersirat makna
perencanaan. Yang artinya, bahwa strategi pembelajaran hakikatnya masih
bersifat konseptual berkenaan keputusan-keputusan yang nantinya akan diambil
dalam rangka melaksanakan proses pembelajaran.
Dilihat dari jenisnya,
strategi pembelajaran bisa dikelompokkan ke dalam dua bagian, yaitu
exposition-discovery learning dan group-individual learning. Sedangkan jika
ditinjau dari cara pengolahan dan penyajiannya, strategi pembelajaran bisa
dibedakan menjadi 2 macam, yaitu strategi pembelajaran induktif dan strategi pembelajaran
deduktif.
Pendekatan pembelajaran
merupakan sudut pandang atau titik tolak guru terhadap proses berlangsungnya
pembelajaran, yang merujuk terhadap pandangan akan terjadinya sebuah proses
yang sifatnya masih sangat general atau umum, didalamnya mewadahi, menguatkan,
menginsiprasi dan melatari metode dalam suatu pembelajaran dengan cakupan
teoretis tertentu.
Dilihat dari jenisnya,
pendekatan pembelajaran terbagi menjadi dua jenis pendekatan, yaitu pendekatan pembelajaran yang berorientasi
pada peserta didik dan pendekatan
pembelajaran yang berorientasi pada pendidik.
Komentar
Posting Komentar